Jasa Bore Pile

Apa Itu Bore Pile?

Bore Pile adalah Pondasi dalam yang berbentuk tabung yang berfungsi meneruskan beban struktur bangunan diatasnya dari permukaan tanah sampai lapisan tanah keras di bawahnya.Pondasi bore pile memiliki fungsi yang sama dengan pondasi tiang pancang. Perbedaan di antara keduanya adalah pada cara pelaksanaan pengerjaanya.

Cara Kerja Bore Pile

Pelaksanaan Pondasi Bore pile dimulai dari pembuatan lubang di tanah dengan cara tanah di bor terlebih dahulu kemudian penginstalasan besi tulangan ke dalam lubang yang dilanjutkan dengan pengecoran bore pile. Ada beragam jenis alat dan cara untuk pelaksanaan pembuatan pondasi bore pile.

Alat Bore Pile

Diantaranya: Alat Bore Pile mini crane. Dengan menggunakan alat / mesin bore mini crane bisa dilakukan pengeboran dengan diameter 30cm , 40 cm sampai 60cm dengan pilihan kedalaman bore pile 5 meter sampai 20 meter bahkan bisa lebih dengan mencapai tanah keras.Yaitu dengan cara menggunakan wash boring / bore basah.

Wash boring membutuhkan air yang cukup banyak untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan bored pile. Tergantung pada kontur tanah di daerah tersebut.

Proses Pengeboran Bore Pile

Langkah pertamaSetting alat di titik pertama dan pembuatan bak sirkulasiSetelah hal tersebut sudah siap maka pengeboran di lakukan dengan rotary drilling dynamo 20 PK, Pipa Bor 3 Meteran Di 2,5 inchi dan mata bore sebesar lubang yang di inginkan.Proses Pengeboran di lakukan dengan memasukan air dari bak sirkulasi yang di pompa dengan menggunakan pompa sedot 3 inchi ke dalam watersifel yang alirkan ke dalam pipa bor 2,5 kemudian air akan ke luar pada ujung mata bor, air di gunakan untuk mempermudah proses pengeboran sebagai pelunak tanah.

Setelah lubang di bor mencapai tanah keras maka lubang bor di bersihkan dari lumpur pekat atau gumpalan-gumpalan tanah dengan menggunakan tabung pembersih.

Setelah Lubang bersih maka besi tulangan dapat di masukan ke dalam lubang dan di beri cetakan semen pada setiap sisi tulangan untuk menjaga posisi tulangan tidak bersentuhan pada dinding tanah. Kemudian proses pengecoran beton slump 16-18 cm dapat di lakukan dengan memasukan pipa tremi agar mempermudah cor beton masuk sampai dalam lubang.